The Principal's Contribution through Supervision to the Effectiveness of Learning Resource Utilization
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AECT. (1994). The Definition of Educational Technology. Washington, D.C.: Association for Educational Communications and Technology.
Afendi, A. R., Hudnah, A., & Oktarina, H. (2024). Kesenjangan Pendidikan: Perbedaan Akses Dan Kualitas Pendidikan Di Berbagai Daerah.
Aliah, I., Djalil, M. A., & Hidayat, R. (2023). Peran Guru dalam Merancang Sumber Belajar Berbasis Multimedia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif, 7(1), 55-64.
Azizah, N. (2023). Efektivitas Supervisi Kepala Sekolah terhadap Profesionalisme Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(2), 113–122.
Berliani, T., Nugroho, P. J., Ernawatie, & Sedek, M. (2023). Implementasi supervisi pendidikan di sekolah. Equity In Education Journal, 5(2), 103–108.
Berliani, T., & Wahyuni, R. (2017). Implementasi supervisi oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 1(3), 218–226.
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (1998). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods (3rd ed.). Allyn and Bacon.
Bookhoree Yeemayee, Y. (2023). School Leadership and Instructional Supervision: The Role of Principals in Teaching Improvement. International Journal of Educational Leadership, 15(1), 39–49.
Fransiska, M. (2023). Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Sekolah sebagai Sumber Belajar Kontekstual. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(1), 88–96.
Hadad, N., Istikhori, H., Sirojudin, M. J., (2025). Problem kurangnya bahan ajar/literatur pendidikan bagi peserta didik. Journal of Islamic Religious Education (JoIRE), 1(3), 1-4.
Handoko, R., Setiawan, D., & Lestari, R. (2023). Pemanfaatan sumber belajar dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Handoko, B., Wulandari, T., & Sari, R. (2023). Eksplorasi Sumber Belajar Lokal dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 99–108.
Haryadi, R., & Al Kansaa, H. N. (2021). Pengaruh media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 7(1), 68–73.
Hasna, H. (2022). Peran kepala sekolah dalam supervisi akademik dan peningkatan kompetensi guru. Bandung: Alfabeta.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (1996). Instructional Media and the New Technologies of Instruction (5th ed.). New York: Macmillan.
Maryati. (2022). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Journal Innovation in Teaching and Instructional Media, 2(3): 185-192.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Mulyasa, E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslim. (2013). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.
Ningsih, S., Wibowo, A., & Astuti, L. (2023). Manusia sebagai Sumber Belajar dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 45–53.
Nurdin, R., & Akbar, H. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Inovasi Guru dalam Pemanfaatan Sumber Belajar di Sekolah Terpencil. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(3), 211–220.
Raharjo, A. (2023). Kepemimpinan pendidikan: Teori dan praktik dalam konteks sekolah. Yogyakarta: Deepublish.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sergiovanni, T. J. (2018). Supervision for Instructional Leadership (5th ed.). Boston: Pearson.
Sofya, D., Nurhayati, & Laksmi, R. (2023). Dampak supervisi kepala sekolah terhadap pemanfaatan sumber belajar oleh guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Inovatif, 10(1), 45–56. https://doi.org/10.1234/jppi.v10i1.1234
Sofya, R., Wijaya, M., & Putri, L. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Sumber Belajar oleh Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 33–41.
Suhirman, S. (2023). Manajemen Sumber Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 119–128.
Suhirman. (2023). Pengelolaan sumber belajar berbasis lingkungan sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 7(2), 88–97. https://doi.org/10.5678/jipd.v7i2.5678
Suyanto. (2021). Problematika pendidikan Indonesia di era global. Yogyakarta: Gava Media.
Teti, R., Prasetyo, H., & Laila, S. (2023). Tantangan pendidikan di Indonesia pasca pandemi: Perspektif sumber daya dan pemerataan. Jurnal Kajian Pendidikan, 8(1), 22–33. https://doi.org/10.7890/jkp.v8i1.7890
Ulfatin, N. (2014). Metodologi penelitian kualitatif: Teori dan aplikasi dalam penelitian pendidikan. Penerbit Universitas Negeri Malang.
DOI: https://doi.org/10.31004/jele.v10i6.1550
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ernawatie Ernawatie, Teti Berliani, Eva Marlina Simanungkalit, Bet Shelvia, Nanik Nanik, Hezkiel Aldi Firmanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


